-->

Ketahui, Inilah 10 Makanan Wajib untuk Membuang Racun Mercuri Di dalam Tubuh



Redaksi Baca - Merkuri merupakan logam cair  biasa disebut dengan air raksa (Hydrargyrum ). Ialah satu-satunya logam berwujud cair yang berada di suhu kamar (25°C). Banyak terdapat di alam, tersebar didalam bebatuan, tanah, air, biji tambang juga udara sebagai senyawa organik dan anorganik. Merkuri bisa dimanfaatkan misalnya untuk komponen jam, termometer juga vaksin.
Merkuri sangat beracun bagi tubuh manusia dan tidak dapat dicerna dalam tubuh.

Apa sih bahayanya ?

Cara kerja merkuri mempengaruhi enzim trikinase dalam menghambat tirosin sehingga pembentukan melanin tidak terjadi sehingga kulit mencerah atau lebih putih. Tujuan penggunaannya merkuri ini adalah agar dapat menghilangkan atau mengurangi hiperpigmentasi pada kulit, tetapi pelu diketahui paparan merkuri terlalu lama  justru akan memicu pigmentasi dengan efek permanen. 

Memang pada awalnya penggunaan merkuri dapat menjadikan kulit mulus, namun bahayanya merkuri mengendap di bawah kulit. Setelah bertahun-tahun kulit akan menagalami kerusakan, akan muncul wara biru kehitaman pada kulit bahkan dapat memicu timbulnya kanker.

Merkuri bila dipakai  juga dapat memperlambat pertumbuhan janin, mengakibatkan keguguran (Kematian janin dan Mandul), Flek hitam pada kulit memang akan memudar namun bila pemakaian dihentikan, flek itu  akan timbul lagi bahkan bertambah parah dan melebar.

Menurut Badan Perlindungan Lingkungan (EPA), bentuk organik merkuri disebut methylmercury adalah salah satu bentu merkuri yang bisa mengenai Anda  melalui berbagai cara, termasuk:
  • Makan beberapa jenis ikan dan kerang, termasuk hiu, tuna Ahl, ikan todak, king mackerel
  • peralatan laboratorium seperti barometer.
  • lampu dan termostat.
  • Merkuri tambalan gigi juga disebut tambalan amalgam perak.
  • Beberapa vaksin.
  • obat farmasi.
  • Beberapa kosmetik.


Semua paparan jenis merkuri dapat memiliki konsekuensi kesehatan sesuai dengan tingkat paparn merkuri yang didapat. EPA memperkirakan bahwa kebanyakan orang memiliki beberapa jejak merkuri dalam sistem mereka, meskipun mayoritas orang-orang ini memiliki tingkat yang rendah  mereka yang akan menyebabkan masalah kesehatan. Pada orang yang sensitif, sejumlah kecil merkuri bisa menjadi masalah.

Gejala-Gejala terpapar Merkuri

Merkuri mempengaruhi sistem saraf dan juga dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh serta paru-paru dan ginjal. Tingginya kadar merkuri bisa berakibat fatal. Ada juga telah didokumentasikan masalah dan masalah perilaku paparan merkuri neurologis, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Gejala mungkin termasuk:
  • sakit kepala
  • kesulitan tidur
  • tremor otot atau kelemahan
  •  masalah penglihatan, terutama dalam penglihatan perifer
  •  masalah bicara
  • Kesulitan berjalan atau gerakan badan yang tak terkoordinasi
  • Jika Anda berpikir Anda telah terpapar merkuri, segera konsultasi pada dokter Anda!


Bagaimana membersihkan tubuh dari cemaran Merkuri?

Anda dapat melakukan detoksifikasi tubuh Anda dari merkuri dengan memasukkan selenium dalam diet Anda. Selenium adalah mineral yang dapat bekerja untuk menghilangkan merkuri cepat dan memiliki manfaat kesehatan lainnya juga.

Selenium  Terbaik untuk menetralkan Merkuri

Selenium memiliki kemampuan untuk mengikat methylmercury dan dengan demikian menciptakan senyawa baru yang tidak dapat dipegang oleh tubuh. Antioksidan sangat penting untuk detoksifikasi tubuh dari logam berat seperti merkuri. Selenium berperan sebagai antioksidan yang baru-baru ini terbukti memberikan berbagai manfaat pada berbagai penyakit, termasuk kanker dan penyakit jantung.

Selenium dasarnya menetralkan merkuri dengan cara mengikat molekulnya.
Makanan yang mengandung jumlah tertinggi selenium antara lain:
  1. Kacang brazil
  2. hati sapi
  3. daging sapi yang makan rumput
  4. Telur
  5. Bayam
  6. Jamur
  7. kacang lima
  8. biji chia
  9. biji wijen
  10. Brokoli

Ingat juga bahwa diet kaya sayuran berdaun hijau gelap dan vitamin C dapat lebih membantu detoksifikasi tubuh Anda dari merkuri.

Apa lagi yang bisa Anda Lakukan?

Ada beberapa praktek lain yang dapat Anda lakukan sementara mengkonsumsi selenium untuk membantu detoksifikasi tubuh Anda dari merkuri diantaranya minum banyak air, air membantu tubuh Anda untuk membuang zat yang tidak perlu. Semanggi merah dapat digunakan untuk menetralkan dari merkuri dan juga bermanfaat bagi masalah kesehatan lainnya seperti sakit alergi musiman serta minum Probiotik

Sekian informasi yang kami sampaikan di kesempatan ini, ambil manfaat bagi pembaca, semoga kita sehat selalu...

sumber : infoherbalis.com

Iklan Atas Artikel