-->

Inilah 7 Ciri-Ciri Penyakit Serius yang Dapat Dilihat dari Kondisi Kulit Anda



Redaksi Baca – Kondisi kesehatan tubuh dapat dilihat dengan gampang dari penampilan kita. Satu diantaranya ialah melalui kulit. Kulit merupakan satu dari indikator yang utama guna mengecek apakah seseorang itu sedang bermasalah kesehatanya atau tidak.

Karena itulah, kamu wajib mewaspadai sinyal yang diberikan oleh kulit padamu. Bisa jadi tanda atau sinyal tersebut merupakan gejala awal dari penyakit serius dan mematikan. Penasaran seperti apa tanda-tandanya?

Dilansir dari Tribunstyle, inilah 7 tanda penyakit serius yang bisa dilihat dari kulitmu.

1. Bintik Hitam

Bintik-bintik hitam yang tiba-tiba muncul di kulit bisa menjadi salah satu gejala awal insufisiensi adrenal atau penyakit Addison.

Orang yang menderita penyakit ini akan merasakan sakit pada bagian otot, persendian, dan kehilangan nafsu makan. Penderita biasanya memiliki tekanan darah rendah dan gula darah rendah. Semua gejala ini bisa sangat berbahaya. Jika kamu merasa memiliki gejala tersebut, segeralah temui dokter.

2. Bercak Putih

Penyakit di mana kulit kehilangan pigmentasinya disebut vitiligo. Penyakit ini berkembang saat sel yang disebut melanosit dibunuh oleh sistem kekebalan tubuh. Hal itu menyebabkan area kulit menjadi putih karena sel tidak lagi membuat pigmen. Vitiligo bisa menjadi gejala penyakit insufisiensi adrenal.

3. Bintik merah pada kulit

Jika ada bintik merah yang muncul secara tiba-tiba pada kulit menunjukkan bahwa ada sesuatu yang salah dengan tubuhmu.

Bisa jadi karena alergi makanan, bahan kimia rumah tangga, obat-obatan terlarang, bahkan penyakit menular seperti cacar air. Cacar air bisa menyebabkan penyakit serius seperti sindrom Stevens-Johnson atau sindrom Lyell.

4. Kulit bengkak

Jika kulitmu setiap hari terlihat seperti membengkak atau edema, ada baiknya kalau kamu segera menemui dokter. Bisa jadi itu merupakan tanda hipotirodisme.

Kondisi ini bisa terjadi saat kelenjar tiroid gagal menghasilkan hormon dalam jumlah yang cukup. Jika kamu mengidapnya, biasanya gejala yang menyusul adalah kulit kering, rambut rontok, kuku mudah mengelupas, dan penambahan berat badan yang signifikan.

5. Muncul banyak tahi lalat

Ada banyak alasan mengapa tahi lalat bisa muncul di kulit. Alasan yang paling mendasar adalah keturunan. Jika orangtuamu memiliki tahi lalat yang banyak, mungkin kamu juga memilikinya.

Alasan lainnya adalah karena paparan sinar ultraviolet yang berlebihan atau ketidakseimbangan hormon. Dalam kebanyakan kasus, tahi lalat memang tidak berbahaya.

Namun, jika mereka tumbuh dengan cepat, menyakitkan, atau berubah warna serta ukurannya, maka kamu harus segera menemui dokter.

6. Kulit mengelupas

Alasan untuk kulit mengelupas bisa karena kekurangan vitamin, ketidakseimbangan hormon, reaksi alergi, dermatitis seboroik, psoriasis, dan beberapa penyakit lainnya.

Namun, jika pengelupasan terjadi secara intens disertai gejala lainnya, jika jadi itu merupakan pertanda penyakit serius.

7. Keringat yang berlebihan

Jika kamu berada di ruangan yang bersuhu dingin dan tidak gugup, maka seharusnya kamu tidak akan berkeringat banyak.

Alasan keringat yang keluar berlebihan bisa menjadi gejala gondok diffuse beracun, atua penyakit Graves, penyakit autoimun yang mempengaruhi tiroid. Akibatnya, kulit menjadi lebih tipis dan gatal.

Nah, apakah 7 tanda diatas ada yang anda alami? Jika iya, maka segera hubungi dokter untuk mendapat penanganan yangg lebih lanjut..

Sumber : Tribunstyle

Iklan Atas Artikel