-->

Waspada!! Kalau Mendengar Kalimat ini Diucapkan, Segera Matikan Telepon Anda !!


Redaksi Baca - Anda mungkin sudah tak asing lagi dengan istilah telemarketer.
Telemarketer merupakan sebuah profesi dimana seseorang mencari pelanggan atau calon konsumen yang mau membeli produk mereka dengan cara menghubungi nomor sang pelanggan.

Dulu, beberapa orang memilih menjalani profesi ini karena dianggap sebagai salah satu profesi yang tak memerlukan banyak energi.
Tapi nyatanya, menjadi seorang telemarketer bukanlah hal yang mudah.
Terkadang calon pelanggan yang dihubungi tak tertarik dengan produk yang ditawarkan, atau bahkan, langsung menutup telepon.

Meski begitu, nyatanya profesi telemarketer memang masih dilakoni hingga sekarang.
Sayangnya, usaha telemarketer untuk menarik perhatian konsumen justru dibuat jelek namanya oleh beberapa oknum yang memanfaatkan profesi ini dengan cara yang salah.
Ketika anda mengangkat telepon dan lawan bicara anda mengaku kalau koneksinya jelek anda wajib waspada.

Apalagi ketika ia menanyakan kalimat "Apa anda bisa mendengar saya?"
Komisi Komunikasi Federal (Federal Communications Commission), Otoritas Nasional FCC, sebuah organisasi yang mengawasi telekomunikasi di Amerika Serikat merilis beberapa daftar kasus yang berhubungan dengan hal ini.
Mereka memperingatkan semua orang jika kasus ini nyatanya sudah menyebar ke Kanada, Jerman, dan beberapa kota di daratan Eropa.

Seorang penipu akan berusaha untuk merekam percakapannya dnegan anda dan berusaha untuk membuat anda mengatakan kata "Ya".
Ketika mereka sudah punya rekaman kata yang keluar dari mulut anda ini, mereka akan memakainya sebagai tanda pengenal berbentuk suara untuk membuat segala bentuk kesepakatan verbal atas nama anda dan tanpa anda ketahui, seperti ditulis oleh AWM.

Sebelumnya, ABC News pernah melaporkan jika seorang wanita bernama Theresa Thomas (49), asal Minneapolis, Minnesota, Amerika Serikat, menjadi korban atas penipuan ini.
Kepada ABC News, Teresa mengatakan :
"Saat meneleponku suaranya terdengar seperti suara wanita berusia muda.
Saat itu dia tertawa kecil dan mengatakan 'Oh, aku kira kau tak akan mengangkat telepon ini! Apa kau bisa mendengarku?'

Ya tentu saja, jika seseorang bertanya apa kau bisa mendengar suara mereka, aku langsung menjawab secara logis dan mengatakan kata 'Ya'.
Setelah itu ia kemudian mengatakan beberapa hal."

Kemungkinan terburuknya, rekaman suara tersebut bisa dipakai sang pelaku kejahatan untuk mengakses akun pribadi milik korbannya, salah satunya akun bank.
Pihak otoritas memperingatkan jika hal ini merupakan bentuk kejahatan baru.

Berikut beberapa tips yang bisa anda gunakan untuk melindungi diri anda dari bentuk penipuan tersebut :
1. Jangan angkat teleponnya jika anda merasa ragu atau tak mengenal nomor sang penelepon.
Jika memang panggilan tersebut penting, mereka mungkin akan meninggalkan anda pesan suara atau pesan SMS kepada anda.
Jika ragu, anda bisa mengirimkan pesan kepada nomor tersebut untuk menanyakan identitasnya.

2. Jika anda tak sengaja mengangkat telepon tersebut dan pelaku meminta anda memakai keypad atau tombol angka di layar ponsel anda, jangan lakukan.

3. Jika anda menerima telepon yang anda yakini merupakan bentuk penipuan, tulis nomornya dan segera laporkan kepada polisi.

sumber : palembang.tribunnews.com

Iklan Atas Artikel